Sebagai salah satu busana tradisional, kebaya kini sudah bertransformasi ke dalam desain yang lebih modern. Perancang busana secara kreatif memberikan era baru pada kebaya sehingga tampil lebih muda dan energik. Beragam desain kebaya yang lebih menarik dan cocok dikenakan oleh kawula muda pun bisa dengan mudah dijumpai. Kebaya juga identik dengan sentuhan klasik sekaligus glamor, itulah mengapa supaya semakin terlihat cantik perlu teliti dalam menambahkan aksesoris. Bagaimanapun, aksesoris diperlukan untuk membuat penampilan makin eye catching. Supaya gaya berkebaya tidak rusak dan tentunya agar tampilan semakin menarik, ada beberapa aksesoris kebaya dan perlengkapan lainnya yang bisa kalian jadikan opsi dalam mengenakan busana tradisional yang satu ini guys. Dengan aksesoris-aksesoris kebaya di bawah ini, dijamin penampilan akan semakin cantik dan mempesona deh pokoknya.

Hiasan rambut sirkam

sirkam rambut

Kebanyakan wanita akan memilih model sanggul untuk gaya rambutnya dalam balutan kebaya. Namun, ada juga yang memilih rambutnya digerai atau dikeriting. Kedua tatanan tersebut sah-sah saja dan cocok untuk kebaya. Tapi ada baiknya, kalian juga menambahkan hiasan yang manis untuk melengkapi gaya kalian masing-masing. Baik disanggul ataupun digerai, kedua model tatanan tersebut dapat dihias dengan jepitan/sirkam. Pilihlah sirkam yang terlihat glamor dan tidak berkesan seperti jepitan anak-anak. Sesuaikan pula warna jepitan rambut dengan kebaya yang kalian kenakan ya.

Bros

bros wanita

Saat kalian mengenakan kebaya dengan corak polos, akan lebih indah jika menghiasnya dengan bros. Aksesoris kebaya yang satu ini bisa membuat penampilan tradisional kalian tampak semakin elegan dan mewah. Pilihlah bros yang berukuran besar jika memang mau disandingkan dengan kebaya. Atau juga bisa mencari bros etnik untuk memperkuat kesan etnik dari penampilan kalian.

Anting

anting / giwang

Sejak dahulu anting memang dikenal sebagai salah satu aksesoris paling ampuh yang dapat digunakan untuk menambah kesan manis dalam penampilan seseorang termasuk saat mengenakan kebaya. Tetapi tahukah kalian jika ternyata tidak semua anting cocok untuk dikenakan bersama kebaya? Pilihan terbaiknya kenakan giwang atau anting yang melingkar pas dibagian telinga supaya tampilan tetap terkesan ringan namun elegan. Jadi hindari penggunaan anting dengan model menjuntai untuk menghindari kesan berlebihan ya guys.

Kalung

kalung

Jika ingin mengenakan kalung, pilihlah kalung dengan panjang yang tidak menutupi kebaya. Jenis kalung dengan panjang yang pas atau sedang bisa menjadi jawaban yang tepat untuk berkebaya. Menjadikan kalung sebagai aksesoris kebaya akan cocok saat mengenakan kebaya dengan motif ramai yang tidak memerlukan bros.

Clutch

clutch

Dompet mungil ini dapat menjadi pilihan jitu untuk semakin memperkuat kesan elegan. Saat menggunakan kebaya, carilah clutch yang mudah digenggam serta bermotif etnik ataupun glamor untuk mempermanis penampilan kalian ya.