Gambaran umum drone

Drone adalah suatu kendaraan udara yang berbentuk seperti pesawat terbang atau helikopter yang dioperasikan tanpa menggunakan awak/pilot. Berbeda dengan pesawat terbang yang pilotnya berada di dalam kabin, pilot drone tetap berada di daratan dan hanya mengendalikan drone lewat fasilitas remote control. Hal inilah yang menyebabkan drone sering digunakan oleh pihak militer terutama untuk misi-misi yang memiliki resiko besar bagi pesawat yang dioperasikan oleh pilot. Beberapa tahun belakangan, drone sudah digunakan sebagai fasilitas untuk mengirim barang oleh beberapa perusahaan di Amerika Serikat. Wow! Tapi seiring jaman saat ini penggunaan drone sudah semakin meluas dan drone bahkan bisa digunakan oleh masyarakat awam yang biasa disebut dengan drone komersial, keren ya! Drone yang digunakan oleh badan pemerintah atau militer biasanya berukuran cukup besar. Sementara itu, drone komersial umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil ya guys karna tujuan utamanya hanyalah photography/videography. Beberapa jenis drone komersial bahkan hanya berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa. Seperti yang sudah kita ketahui drone sering digunakan dalam proses pembuatan film untuk mengambil gambar/video dengan menggunakan kamera dari ketinggian. Apalagi di jaman serba selfi sekarang ini, drone jadi makin popular dong ya. Berminat guys?

Hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli

Apakah drone “ready to fly” atau tidak? Produk drone yang dijual pada pasaran belum tentu bisa langsung terbang setelah kita baru beli dan aktifkan. Jangan lupa membaca spesifikasi sebelum membeli ya guys. RTF berarti Ready-To-Fly yang bisa langsung diterbangkan setelah melakukan hal sederhana seperti memasang baling-baling atau mengisi ulang baterai. BNF atau Bind-And-Fly yang telah terpasang utuh sebagai drone tetapi tidak memiliki alat pengendali jauh. Apabila belum ada kita harus membeli alat pengendali jauh secara terpisah. ARF atau Almost-Ready-to-Fly merupakan kode untuk drone yang harus dibangun atau disusun terlebih dahulu. Sebelum membeli, kita harus mencari berbagai pengetahuan tentang merk drone yang ingin dibeli serta berbagai produknya dengan membaca detail spesifikasi. Seperti penggunaan, perawatan, hingga aksesoris yang harus dibeli di kemudian hari.

Kualitas Kamera Keunggulan utama drone adalah kita bisa mengambil foto atau video dari udara. Disarankan untuk membeli drone pemula yang sudah termasuk kamera dan jangan lupa memilih spesikasi kualitas kameranya sesuai kebutuhan ya. Jadi nggak harus keluar duit lagi beli camera secara terpisah. Asyik kan, jadi bisa berlatih dasar-dasar aerial photo/video sebelum membeli drone untuk professional kalau kalian pada serius menggeluti hobby yang satu ini. Tapi guys, harus siap dana yang tidaklah sedikit ya. Semoga berhasil!

Flight control system – Baterai Flight control system berfungsi untuk membantu kestabilan drone saat terbang. Pilihlah drone yang dilengkapi dengan flight control system berbasis 6-axis gyroscope (sebenarnya 3 axis gyro + 3 axis compass). Dengan demikian, akan aman dalam kondisi ideal seperti tidak ada angin, maka drone bisa hover (terbang di tempat) stabil. Baterai Untuk normal drone, nggak sampai setengah jam. Alangkah baiknya jika drone yang kalian beli sudah menyertakan baterai kedua gratis, sehingga bisa membantu menggunakannya lebih lama ya guys.

Jarak dan jangkauan Jarak antara drone and remote sangatlah beragam tergantung jenis dan spesifikasi. Umumnya drone terkecil memiliki jangkauan minimum jarak 200-300m. Jangan sampai menyesal saat sudah membeli ya, harus teliti dalam membaca detail spesifikasi produk! Disarankan juga memilih drone yang dilengkapi GPS dan memiliki fitur autopilot sehingga ketika drone dalam keadaan lowbat akan kembali dengan sendirinya ke titik awal diterbangkan.

Canggih ya! Silakan check berbagai macam merk drone disini, selamat mencoba guys.

Drone

Beli sekarang