Fidget Spinner adalah sebuah mainan yang pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Namun nih guys, karena hak paten itu sudah kadaluarsa, akhirnya banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan lagi mainan berbentuk baling-baling ini baik dari segi bentuk maupun tampilan sehingga menarik bagi masyarakat milenial jaman sekarang. Dengan mainan unik ini, Catherine A Hettinger sih berharap bisa mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit kuku atau menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan. Selain itu, Menurut Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, Fidget Spinner diyakini mampu menjadi alat untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, sulit fokus, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Dari namanya juga mungkin kita sudah bisa mengetahui fungsi dari benda yang satu ini. Fidget dalam bahasa Indonesia berarti gelisah atau cemas, sedangkan spinner bermakna pemutar. Secara harfiah, nama mainan ini berarti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan. Cara memainkannya pun cukup sederhana, kita hanya perlu memegang mainan dengan dua jari lalu memutarnya. Nah, buat kalian yang penasaran ingin membeli, pastinya akan bingung karena banyaknya pilihan Fidget Spinner yang dijual online dengan berbagai model dan harga yang beragam juga. Harga Fidget Spinner sangat bervariasi guys, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Biar tidak asal beli, yuk cari tahu sedikit apa saja sih yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membeli untuk memilih yang terbaik!

Ukuran

Karena Fidget Spinner umumnya dipegang antara jari telunjuk dan ibu jari, jadi penting untuk memperhatikan ukuran Fidget Spinner yang akan kita pilih guys. Sebab ukuran Fidget Spinner yang terlalu besar pastinya akan tidak nyaman dimainkan. Seperti yang kita ketahui tangan orang Asia umumnya lebih kecil ketimbang tangan orang barat sana.

Material

Fidget Spinner umumnya terbuat dari bahan plastik, nylon, atau yang sejenis. Material ini sebenarnya cukup bagus, daya tahannya cukup baik dan relatif murah. Hanya saja, material logam memiliki bobot lebih berat dan menghasilkan momentum yang lebih baik untuk putaran yang lebih cepat. Namun Fidget Spinner yang terbuat dari logam umumnya berharga lebih mahal. Jadi, kalian tinggal menentukan mau pilih yang mana?

Bearing

Putaran Fidget Spinner sebenarnya banyak bergantung pada bearing yang digunakan. Ada bermacam-macam jenis bearing yang biasa dipakai pada Fidget Spinner. Bearing dengan bahan logam adalah yang terbaik ya guys, karena dengan bahan ini efek gesekan akan semakin kecil dan juga kualitas paten. Selain itu, bearing dengan kualitas logam dijamin lebih tahan lama guys.

Fitur

Jangan heran kalau selain memiliki berbagai macam variasi bentuk, Fidget Spinner juga ada yang diimbuhi berbagai macam fitur. Misalnya saja ada Fidget Spinner yang glow in the dark atau ada juga yang dilengkapi dengan lampu LED. Sebenarnya itu semua tergantung selera, kembali lagi pada pilihan masing-masing.

Harga

Disarankan membeli dengan harga yang tidak terlalu murah, dan tidak juga terlalu mahal. Rentang harga yang efektif yaitu di harga Rp.50.000 sampai Rp.75.000, dengan harga itu kalian sudah bisa mendapatkan fidget spinner yang lumayan bagus guys. Jangan membeli Fidget spinner dengan harga jongkok yang sangat murah, karena biasanya fidget spinner dengan harga murah memiliki kualitas yang jelek dan putarannya tidak bertahan lama.

Bentuk

Banyak sekali bentuk fidget spinner yang beredar di pasaran, ada yang berbentuk segitiga, segiempat, dan ada juga yang berbentuk seperti batman. Bentuk Fidget Spinner lumayan berpengaruh pada performa dari Fidget Spinner. Sebaiknya memilih bentuk fidget spinner yang seimbang dan tidak berat sebelah, agar putaran yang dihasilkan jadi maksimal ya guys. Jika bentuk dari fidget spiner tidak seimbang dan aneh, maka putaran yang dihasilkan menjadi sangat kurang dari yang diharapkan.

Beli sekarang