Sebagai orang yang baru atau awan dalam bidang fotografi, pastinya akan sangat bingung dalam memilih kamera yang cocok dan pas untuk dibeli. Berbagai merk dan type sangat banyak dijual di pasaran dan membuat kita jadi semakin bingung kan guys. Tapi ada tips yang sangatlah penting untuk dipahami, yaitu belilah kamera sesuai dengan kebutuhan dan budget. Apakah kamera yang akan dibeli digunakan untuk komersil, belajar photography atau hanya sekedar fun dan gaul untuk dibawa travelling. Pertimbangkan juga untuk membeli kamera yang service centernya mudah dijangkau di sekitar kota tempat tinggal kita. Kelak, jika ada kerusakan akan lebih mudah proses memperbaikinya pada service centre yang tersedia di daerah tempat tinggal, serta biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit karena tidak perlu mengirim barang yang rusak ke counter pusat yang jauh. Selain itu perlu diingat juga jangan asal beli untuk sekedar gengsi semata, padahal belum sama sekali mengenal type kamera apa yang kita beli. Nah, di bawah akan secara umum dipaparkan ya tentang macam dan type kamera kekinian yang popular saat ini, membantu memudahkan kalian mempersiapkan dengan matang kamera apa yang pas untuk dibeli.

Pocket

Adalah tipe kamera yang super duper simple ya guys. Biasa juga disebut point and shoot kamera, karena cara penggunaannya sangat mudah tanpa harus mengatur secara manual. Ukurannya pun kecil dan mudah dibawa, dapat masuk ke dalam kantong juga. Selain itu harga relatif terjangkau alias ga mahal. Tapi sayangnya nih guys, kualitas gambar tidak begitu berbeda dengan kamera handpone biasa. Menu pengaturan manual masih terbatas dan auto focusnya lambat. Kekurangan lainnya juga lensa yang tidak dapat diganti atau dilepas. Tapi jangan khawatir guys type ga kalah keren dan banyak peminatnya, karena populer di kalangan traveler yang menggemari casual photography. Nih liat berbagai produk yang terdsedia di lazada, dengan klik link disini.

Kamera pocket

Beli sekarang

Prosumer

Adalah kamera yang menjembatani antara compact kamera dan DSLR nih guys. Menu pengaturan cukup lengkap dibanding kamera compact, bisa memilih mode auto ataupun manual. Ukurannya juga cukup ringkas dan dapat dibawa dalam tas kecil. Dari segi harga lebih terjangkau dibanding mirrorless kamera dan DSLR. Kamera ini juga memiliki fitur khusus yang ga kalah canggih loh, misalnya : super zoom, macro, underwater, dll. Cocok banget buat kalian yang sangat menyukai zoom sangat jauh tapi tidak ingin membawa kamera dan lensa yang mahal dan berat. Tapi sayangnya lensa tidak dapat diganti juga  ya sama halnya dengan kamera pocket. Penasaran? Yuk intip-intip disini.

Mirrorless

Adalah kamera dengan kualitas dan fitur hampir setara DSLR dengan bentuk yang lebih ringkas. Kualitas gambar di atas compact dan prosumer, setara dengan entry-level DSLR. Keren dong ya! Kualitas gambar juga baik dalam kondisi minim cahaya loh, dapat mengatur secara manual keseluruhan teknis kamera. Selain itu yang penting juga lensa dapat diganti serta auto focus yang cepat. Tapi, pilihan lensa belum terlalu banyak dan baterai terbilang lebih boros dibanding dengan kamera DSLR. Karena kamera mirrorless ini butuh daya yang lebih besar untuk ‘live view’ dari sensor ke LCD. Sedangkan DSLR menggunakan optical viewfinder (jendela bidik optik) yang mungkin tak membutuhkan daya. Tapi ini sebetulnya normal, jika kita menggunakan mode live view pada DSLR, kemampuan baterai pun tak akan berbeda jauh dengan kamera mirorrless. Berminat dengan kamera keren model ini? Cek disini ya.

Kamera mirrorless

Beli sekarang

DSLR (digital single-lens reflex camera)

Adalah kamera yang paling banyak digunakan oleh fotografer profesional saat ini. Kualitas gambar jangan ditanya pastinya terbaik walaupun di tempat minim cahaya ya guys dibanding compact, prosumer, dan mirrorless. Dapat mengatur secara manual keseluruhan teknis kamera dan lensa dapat diganti-ganti juga sesuai kebutuhan dan jenis foto yang akan diambil. Tapi perlu belajar banyak untuk menggunakannya, secara kamera proffesional, tidak sembarangan bisa menggunakan karena banyak teknik yang diperlukan serta bajet yang tidaklah sedikit. Jadi bagi kalian yang benar-benar hobby fotografi dan ingin serius belajar, DSLR adalah pilihan yang sangat tepat. Selain itu guys, harga jual biasanya kembali tinggi loh jika suatu saat kalian ingin menjualnya dan mengupdate ke kamera dengan spesifikasi lebih tinggi. Tapi di samping semua kelebihan yang dimiliki, pasti selalu ada kekurangannya yaitu ukuran yang besar dan berat, harus dibawa menggunakan tas kamera yang cukup besar juga. Sudah dapat dipastikan harga relatif mahal ya guys, sayang dong uangnya jika kamera nantinya hanya digunakan untuk yang biasa saja? DSLR disarankan untuk kegiatan proffesional, seperti untuk : Commercial Photographer, Journalistic Photographer, Sport Photographer, Landscape Photographer dan Portrait Photographer. Kesimpulannya, kamera ini cocok untuk kalian yang bercita-cita menjadi photographer dan serius menekuni bidang fotografi. Berminat? Yuk intip-intip harga dan berbagai macam merk disini ya.

Kamera DSLR