Ladies Tips, Persiapkan Penampilan Dengan Matang Sebelum Wawancara Kerja

Wawancara merupakan saat di mana kalian dan calon perusahaan bertemu untuk pertama kalinya. Tentu saja momen ini nggak boleh kalian isi dengan memberikan kesan pertama yang buruk dong ya. Terutama dari aspek penampilan nih guys, yang akan pertama kali dinilai oleh calon atasan kepada diri kita. Penampilan harus terlihat rapi, menarik, dan pastinya profesional. Poin pertama yang harus diperhatikan adalah hindari pemakaian kaos dan celana jeans saat akan datang wawancara ya. Penampilan seperti ini dapat memberikan kesan bahwa kalian tidak serius. Bahkan untuk perusahaan di sektor industri kreatif yang santai saja, kita harus tetap menghindari kedua jenis pakaian itu. Haruslah tetap terlihat rapi dan profesional dengan pakaian yang juga formal. Nah, bagi kalian yang sedang melamar pekerjaan, yuk simak sedikit tips fashion yang baik dalam menghadiri wawancara kerja.

Gunakan rok

Model rok janganlah yang macam-macam, cukup yang bermodel pensil saja. Pilih yang berwarna hitam untuk lebih menekankan kesan resmi dan menunjukkan kalau kita punya jiwa kepemimpinan yang tinggi. Pastikan panjangnya pas atau melebihi lutut ya, jangan sampai terlalu pendek karena akan terlihat terbuka dan memberikan kesan seksi yang berlebihan.

Tentukan kemeja/blus

Model kemeja yang kalian gunakan perlu diutamakan kesederhanaannya. Untuk itu, kenakanlah kemeja yang minim motif, renda, dan juga ruffle atau lipitan. Dengan begitu kalian bisa tetap terlihat sederhana tapi tetap resmi dan berkelas. Selain itu, warna kemeja yang dikenakan juga perlu diperhatikan karena ternyata menyimpan makna tersendiri loh guys. Kalian harus menentukan warna apa yang sesuai dengan diri masing-masing dan dapat membuat karakter lebih muncul saat sesi wawancara nanti.

Biru: menunjukkan percaya diri, salah satu warna terbaik untuk digunakan.

Abu-abu: menunjukkan kemampuan analisis yang baik dan mampu berpikir logis.

Putih: memberikan kesan seseorang yang well-organized.

Coklat: terlihat sebagai seseorang yang selalu bisa diandalkan.

Merah: menunjukkan keberanian, semangat dan energi.

Blazer

Blazer juga menjadi atribut populer saat wawancara. Pemilihan blazer tidak boleh disepelekan ya guys. Jika ingin mengenakan blazer, pilih yang berwarna hitam supaya senada dengan rok dan tentunya memperlihatkan sisi profesionalitas. Jangan lupa mengenakan yang pas dengan badan sehingga jatuhnya terlihat bagus di tubuh dan jauh lebih rapi daripada yang kebesaran.

Sepatu dengan ujung tertutup

Selain pakaian, sepatu juga menjadi salah satu poin yang krusial nih guys. Kalau sampai salah dalam memilih sepatu, penampilan profesional yang kita inginkan bisa tidak terwujudkan. Saat wawancara, pakailah sepatu dengan ujungnya yang tertutup. Apabila melamar dalam perusahaan yang formal, maka sepatunya pun harus sepatu yang formal. Tidak ada warna tertentu yang harus digunakan, tapi usahakan yang berwarna gelap ya, seperti hitam atau coklat tua. Nah, jika perusahaan yang dilamar bergerak di bidang kreatif, jenis sepatu yang kalian gunakan bisa lebih luwes, namun tetap berujung tertutup. Oxford shoes atau sepatu berjenis platform bisa menjadi pilihan. Tapi perlu diingat ya, haknya jangan terlalu tinggi, 2 atau 3 sentimeter saja sudah cukup.

Tas berukuran sedang

Disarankan membawa tas tapi dalam ukuran yang sedang saja dan kalau bisa yang memiliki tali selempang agar telihat manis. Pilihlah tas dengan ukuran sedang yang memadai untuk menaruh barang-barang bawaan dan juga berkas-berkas wawancara. Jadi menghindari kerepotan menenteng barang-barang bawaan karena tidak muat di dalam tas yang ternyata terlalu kecil. Begitupun kalau tasnya kebesaran. Penampilan dan tubuh kita akan jadi tertutup karena pilihan tas yang terlalu besar.

Rapikan rambut

Saat wawancara, rambut memiliki peranan yang juga nggak kalah penting dalam menyempurnakan penampilan. Jadi penataan rambut tidak boleh luput dari perhatian. Bagi kalian yang memiliki rambut panjang, menggerai bukanlah penataan terbaik yang bisa dilakukan. Usahakan untuk selalu mengikat rambut dengan model ekor kuda atau mencepolnya. Dengan begitu, kalian akan mendapat penampilan yang lebih rapi dan profesional.

Parfum

Penampilan sudah oke dari kepala sampai kaki nih guys. Rambut rapi, blus dan rok juga tersetrika dengan baik kan ya. Jangan rusak penampilan ini dengan bau tubuh yang tidak sedap. Semprotkanlah parfum sebagai sentuhan terakhir dari penampilan profesional kalian. Pilih yang beraroma segar, seperti buah-buahan di musim panas. Namun, jangan menyemprotkannya terlalu banyak ya, karena nanti justru akan menyengat. Cukup semprotkan di beberapa titik saja, yaitu dada kanan dan kiri, pergelangan tangan dan di belakang kedua daun telinga.

Make up

Makeup ‘no make up look’ berbeda dengan tidak makeup sama sekali loh ya guys. Sangat disarankan menggunakan make up natural agar wajar terlihat lebih segar dan tidak pucat. Saat melakukan wawancara kerja, hindari juga menggunakan lipstik yang berwarna merah karena penggunaan lipstik merah akan mengesankan glamour, romance, power, dan bisa mengirim pesan yang salah guys. Lebih disarankan memakai lipstik sheer (tekstur tipis) dengan bias warna pink cantik atau rose lembut untuk kesan rapi, terkendali serta menghindari kesan bossy dan arogan.