Berbagai macam gendongan bayi yang dijual di pasaran bisa membuat bingung menentukan pilihan kan ya, namun jangan sampai hal ini membuat mahmud salah memilih jenis gendongan yang paling tepat bagi si buah hati. Berikut akan dipaparkan sedikit tipsnya dan semoga bermanfaat.

  • Sesuai usia
    Sesuaikan usia bayi dengan gendongan yang akan di pilih. Karena gendongan untuk bayi yang baru lahir belum tentu nyaman untuk bayi yang sudah besar.
  • Nyaman untuk bayi
    Berdasarkan penelitian, ternyata gendongan posisi tegak yang membuat kaki terbuka lebar termasuk yang baik untuk bayi. Walaupun posisi bayi yang ngengkang ini nampaknya mengkhawatirkan bagi mahmud, tapi sebenarnya para ahli meyakini bahwa ini adalah posisi yang baik untuk perkembangan tulang pinggul bayi itu sendiri. Gendongan pun sebaiknya membuat bayi rapat dengan tubuh si penggendong. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir, pastikan gendongan yang dipilih betul-betul menopang bagian tulang belakangnya dengan baik.
  • Nyaman untuk penggendong
    Jelas dan sudah pasti ingin gendongan bayi yang nyaman untuk mahmud pakai juga. Untuk itu, pertama-tama hendaknya memilih gendongan yang bisa mengangkat bayi cukup tinggi dan rapat dengan tubuh kita. Gendongan yang menggantung terlalu jauh di bawah akan sangat tidak nyaman. Selain itu, pilih juga gendongan dengan tali yang lebar yang dapat mendistribusikan berat si bayi lebih merata, agar bahu dan punggung mahmud tidak sakit dibuatnya.

Nah, sekarang tinggal menentukan pilihan deh! Yuk simak sedikit beberapa jenis gendongan bayi dan cari tahu juga kekurangan serta kelebihannya. Silakan klik pada gambar untuk intip-intip berbagai pilhannya di Lazada ya.

Front Pack Carrier

Model gendongan bayi ini cukup favorit beberapa tahun terakhir. Pada model ini bayi akan ditopang di depan dengan posisi seperti duduk. Bayi bisa menghadap ke depan atau pun menghadap ke dalam berhadapan dengan menggendongnya.

Front Pack Carrier

Kelebihan: Pada gendongan ini terdapat dua tali pada bahu untuk menahan beban. Kelebihan gendongan ini,  tangan mahmud bisa bergerak bebas dan punggung tidak berat sebelah karena beban ada di kedua bahu. Gendongan ini cukup nyaman karena si kecil akan terdekap dengan erat di depan badan kalian Moms. Bila si kecil memiliki bobot yang cukup berat, gendongan ini bisa digunakan di punggung dan bisa memudahkan beraktivitas.

Kekurangan: Gendongan ini kurang cocok untuk bayi yang baru lahir karena posisinya kurang pas. Jadi bisa memilih model gendongan ini ketika si kecil sudah berusia 5-6 bulan atau saat leher bayi sudah mulai kuat. Satu lagi, kekurangan gendongan ini adalah tidak memudahkan bagi ibu yang sedang menyusui.

Beli sekarang

Gendongan selempang

Kalau gendongan model ini dulu biasa digunakan oleh ibu-ibu dengan menggunakan kain batik atau kain tradisional lainnya. Saat ini gendongan model selempang sudah dijual dalam bentuk jadi yang yang bisa langsung dipakai.

Gendongan selempang

Kelebihan: Tali penopang pada gendongan jenis ini bisa disesuaikan panjang pendeknya sesuai dengan kenyamanan. Model ini juga cocok untuk ibu yang masih memberikan ASI karena posisi si kecil yang memudahkan untuk menyusui.

Kekurangan: Model gendongan bayi ini hanya bertumpu pada satu bahu. Biasanya akan terasa tidak nyaman bila bayi telah bertambah berat badannya hingga 5 – 6 kg. Tipsnya adalah jangan lupa selang-seling gunakan bahu saat menggendong agar bahu tidak nyeri sebelah ya mahmud.

Beli sekarang

Baby wrap

Model gendongan ini mirip dengan model gendongan konvensional yang menggunakan kain. Perbedaannya adalah kain yang digunakan memilki bahan yang lebih elastis.

Baby wrap

Kelebihan: Jenis gendongan ini cukup fleksibel karena bisa menciptakan beberapa cara menggendong. Bisa menggendong model samping yang bertumpu pada satu bahu, model depan yang digantung di kedua bahu, atau pun model gendong samping di pinggul. Jenis ini cocok untuk ibu yang masih menyusui. Dan karena bahan gendongan yang cukup nyaman, dijamin di kecil akan mudah tertidur. Gendongan ini cocok untuk bayi usia di bawah 1 tahun dan belum memiliki bobot tubuh yang berat.

Kekurangan: Untuk menggunakan model gendongan ini agak sedikit  ribet karena harus belajar sebentar untuk menggunakannya. Karena hanya berbentuk kain panjang, menggunakan gendongan jenis ini memang kurang simple untuk digunakan dan dilepaskan. Tidak pas untuk usia di atas setahun karena model ini kurang mendukung untuk menahan berat yang berlebih dibandingkan gendongan bayi model carriers.

Beli sekarang

Ring sling

Model ini sedikit banyak mirip dengan model gendongan selempang.  Model Ring Sling merupakan kain selendang yang terdapat 2 buah lingkaran (ring) dari bahan plastik atau besi yang menempel di salah satu ujungnya. Kedua lingkaran itu menggantikan fungsi simpul untuk mengikat gendongan seperti yang biasa digunakan pada gendongan kain tradisional di Indonesia.

Baby ring sling

Kelebihan: Ring Sling dilengkapi dengan bantalan padding di posisi bahu atau di sepanjang gendongan. Ada juga tipe yang agak berbeda dengan tipe tradisional, di mana ujung kainnya dilipat dan dijahit sedemikian rupa sehingga membentuk tali.

Kekurangan: Sama seperti model selempang, hanya bertumpu pada satu bahu nih mahmud.

Beli sekarang